PENGEMBANGAN KREATIVITAS MELALUI MADING Lokasi : TK DAN SD MODEL, Pengiriman Berita : Selasa, 01 Mei 2012 06.00 AM Otak kita terdiri atas belahan otak kiri dan belahan otak kanan. Otak kiri berfungsi untuk berfikir logis, analitis, berurutan dan linier sedangkan otak kanan berfungsi untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Setiap anak mempunyai imajinasi dan kreativitas berbeda-beda. Kemampuan anak dalam menuangkan imajinasi dan kreativitasnya jika dikembangkan dengan optimal akan melahirkan generasi yang mampu berpikir kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah. Sebagai pendidik tugas kita adalah memfasilitasi anak untuk menuangkan imajinasi dan kreativitasnya. Ada banyak cara anak menuangkan imajinasi dan kreativitasnya, mereka bisa membuat gambar, cerita, puisi, cerita bergambar atau karya-karya yang lain. Untuk itu, sebagai pendidik sudah seharusnya kita memberikan kebebasan kepada anak untuk melakukan, menggambar, mengamati, membentuk, membuat maupun menguraikan sendiri pengalamannya. Salah satu cara memberi kesempatan anak untuk mengembangkan kreativitas adalah melalui majalah dinding atau lebih sering disebut mading. Melalui mading anak dapat menuangkan ide dan imajinasi mereka dalam berbagai karya untuk ditata dan ditempel dalam satu tempat dengan seni dan kreativitas mereka sendiri. Nah, hal ini sudah dilakukan oleh siswa-siswi TK - SD Model Kabupaten Sleman. Mereka membuat mading di setiap kelas dalam rangka memperingati HUT ke-4 TK dan SD Model. Di samping itu, ternyata di kelas 3A juga diberlakukan jadwal pembuatan mading kelas secara berkelompok setiap 2 minggu sekali. Hal ini dimaksudkan sebagai wahana anak-anak untuk menyalurkan bakat dan kreativitasnya terutama dalam seni dan sastra juga melatih kerjasama siswa melalui kerja kelompok. Dalam pembuatan mading, siswa diberi kebebasan penuh mengisi mading dengan karya mereka. Guru hanya berperan sebagai fasilitator. Semoga pembuatan mading kelas dapat menjadi salah satu sarana pengembangan kreativitas siswa sehingga mendorong siswa mampu berpikir kreatif, kritis dan inovatif sesuai cita-cita TK dan SD Model. Yulia Dwi Ernawati, A.Ma
| Pengirim Berita : admin
|