Ruang Kelas 5A Rabu, 13 Agustus 2025 10:22 dibaca sebanyak : 235 kali
Sleman, 13 Agustus 2025 -- Siswa Kelas 5 SD Negeri Model Sleman berkreasi membuat dadu dalam pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA). Kegiatan ini mengajak siswa memahami konsep peluang dan logika pemrograman melalui media permainan yang mereka buat sendiri.
Bahan Sederhana, Hasil Kreatif
Dengan hanya bermodal kertas, gunting, pewarna, dan lem, siswa merancang jaring-jaring dadu, memberi warna sesuai imajinasi, lalu merakitnya menjadi dadu tiga dimensi. Proses ini melatih ketelitian, keterampilan motorik halus, serta kreativitas mereka.
Dadu ini nanti akan kita gunakan untuk simulasi perintah acak dalam koding. Anak-anak jadi belajar logika sambil bermain, ujar guru pengampu KKA.
Belajar Sambil Bermain
Setelah selesai, para siswa memanfaatkan dadu buatan mereka untuk permainan edukatif berbasis koding sederhana. Mereka terlihat antusias melempar dadu, membaca angka, dan menerjemahkannya menjadi perintah dalam aktivitas pemrograman mini.
Meningkatkan Minat Teknologi
Kegiatan ini tidak hanya menanamkan pemahaman teknologi, tetapi juga menumbuhkan semangat kolaborasi. Siswa saling membantu saat memotong, menempel, hingga memberi warna, menciptakan suasana kelas yang penuh semangat dan keceriaan.
Dengan langkah-langkah kreatif seperti ini, SD Negeri Model Sleman terus berinovasi dalam pembelajaran abad 21—menggabungkan teknologi dengan aktivitas nyata, sehingga siswa mampu menghubungkan konsep dengan penerapan di kehidupan sehari-hari.
Penulis: Nur Efendi, S.Pd
Editor: Bidang Teknologi Informasi SD Negeri Model
Tanggal Terbit: Rabu, 13 Agustus 2025 10:22