Hari Ini : Kamis Kliwon, 18 April 2024 Sekarang Jam : 17:30:27

SD Model Kabupaten Sleman merupakan salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Sleman yang mengembangkan kompetensi akademik dan non akademik siswa. Sekolah ini menjadi sekolah percontohan dalam hal pengelolaan manajemen sekolah. Dengan demikian keberadaan SD Model Kabubaten Sleman diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi terhadap pendidikan yang bermutu. Berbagai program dan fasilitas telah dirancang guna meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya di bidang literasi. Untuk membentuk budaya literasi sekolah, selain dengan kegiatan Pagi berbagi, Reading Time, Pojok baca, Roling buku antar kelas (buku keliling), Kelompok Ilmiah Remaja, dan Pameran Karya Siswa. SD Model juga berupaya memfasilitasi gerakan literasi melalui penyediaan sarana prasarana yang memadai untuk mendukung terwujudnya budaya literasi yang optimal.
Sebagai bentuk dukungan program tersebut ditempuh inovasi literasi. Pada khususnya penyediaan fasilitas yang memadai dapat mencetak siswa yang literat berprestasi, dan pada umumnya warga sekolah semakin merasa terdukung untuk berliterasi. Inovasi yang dilakukan SD Model Kabupaten Sleman dalam gerakan literasi, yaitu dengan pelaksanaan prpgram PUAN NYOTO DI HOTEL yang merupakan singkatan dari perPUstakaAN NYaman, OTOmasi, DIgital dan HOme Theater livE dan digitaL.
PUAN NYOTO DI HOTEL mempunyai makna : penyediaan perpustakaan yang nyaman. Perpustakan yang “nyaman” maksudnya adalah penciptaan ruang perpus yang bersih, rapi, cukup pencahayaan, dilengkapi dengan hiasan dinding dan mural untuk menarik siswa. Perpustakaan “otomasi” yaitu penciptaan sistem dengan pemberian barcode pada setiap koleksi buku. Perpustakaan “digital” yaitu penyediaan internet dan gawai untuk menunjang kebutuhan literasi digital siswa. Penyediaan Home Teater “live” yaitu sarana yang menunjang siswa untuk mengetahi atau menunjukkan pada siswa hal-hal yang tidak dapat ditunjukkan langsung dan berbahaya (misalnya: peristiwa gunung meletus, tsunami, tatasurya dll). Home teater “digital” semua fasilitas yang menunjang merupakan dapat diakses dan berbasis digital yang menunjang literasi.

 
 
 

INFORMASI SISWA BARU
Pendaftaran Siswa Baru TK dan SD Model Sleman belum dibuka, TK dan SD Model Sleman mengikuti instruksi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman
INOVASI SEKOLAH
PANEN KARYA SD MODEL
PRESTASI TK DAN SD MODEL

ANDA PENGUNJUNG KE
TK DAN SD MODEL SLEMAN
PENCARIAN CEPAT
MARI BELAJAR

AGENDA TERBARU

LINK TERKAIT